BNSP #1

BNSP singkatan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi merupakan lembaga independen yang dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan tepatnya Pasal 18 ayat (5). Lembaga ini memiliki peran untuk melaksanakan sertifikasi terhadap profesi-profesi yang ada di dunia ketenaga kerjaan. Dengan adanya Sertifikasi Profesi akan memberikan jaminan kompetensi dan tentunya sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Selain berdasarkan Undang-undang No. 13 Tahun 2003, BNSP juga didirikan atas dasar Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2004 tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Sehingga lembaga independen di Indonesia yang memiliki kewenangan dalam melaksanakan proses sertifikasi kompetensi hanyalah BNSP.

Tugas pokok dari BNSP diantaranya adalah melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja dan memberikan lisensi kepada lembaga sertifikasi profesi (LSP). Sehingga bagi individu yang hendak menambah kompetensi diri dapat berkomunikasi dengan lembaga kompetensi yang sudah memiliki lisensi dari BNSP.

Jenis Kompetensi yang tersedia di BNSP maupun di LSP sangatlah beragam. Mulai dari profesi bidang migas, batubara, keselamatan dan kesehatan kerja, kimia industri, konstruksi, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *