Formula 135

Karier melejit, dengan strategi yang jitu. Tujuan dari bekerja secara umum untuk memperoleh penghasilan yang dapat digunakan untuk mencukupi semua kebutuhan. Bekerja di perusahaan ternama memberikan peluang untuk memperoleh penghasilan yang tinggi. Perusahaan ternama menerapkan kriteria yang ketat untuk para calon pekerja. Kemudian bagaimana cara agar dapat memperoleh penghasilan tinggi atau dapat bekerja di perusahaan dengan level high class company ?

Upaya untuk meraih penghasilan tinggi atau bisa bekerja di perusahaan ternama, bisa dimulai dari sejak duduk dibangku sekolah menengah atas. Jika menginginkan karier di dunia fisika maka minimal dapat masuk penjurusan IPA (ilmu pengetahuan alam), apabila ingin berkarier di dunia politik maka jurusan yang diambil mestinya IPS (ilmu pengetahuan sosial). Penentuan jurusan di bangku sekolah menengah atas, akan mempermudah langkah-langkah selanjutnya. Tentunya dengan upaya mengerti serta memahami akan keilmuan yang dipelajari dan mendapatkan nilai yang memuaskan. Karena memang sebagai indikator bahwa seorang pelajar mengerti akan hal yang dipelajari, ditunjukkan dengan nilai bagus. Tetapi kadangkala juga tidak mesti demikian, tidak sedikit orang yang tidak pernah mengenyam bangku sekolah  tetapi ia mampu menjadi orang sukses di bidang usaha yang ditekuni.

Pendidikan formal tidak menjamin seseorang memperoleh kesuksesan, tetapi orang yang pernah mengenyam pendidikan semestinya lebih mengerti cara terbaik untuk meraih kesuksesan. Start pertama di bangku sekolah, belajar dengan sungguh-sungguh, kemudian diterima di perguruan tinggi ternama, lalu dengan prestasi dan syarat ketat mampu memperoleh kesempatan untuk bekerja di perusahaan yang sudah lama berdiri dan ternama, tentunya karier dapat dibangun secara terstruktur.

Formula 135, “Seorang karyawan jika menginginkan kenaikan gaji 3 kali dalam setahun, maka produktivitasnya harus 5 kali dari karyawan lain”

Penjabaran membangun karier secara terstruktur diatas tidak bermakna bahwa seseorang yang sudah bekerja di perusahaan baru berkembang tidak dapat meniti karier. Justru, ini adalah tantangan untuk menunjukkan kualitas diri kepada perusahaan. Dimanapun tempat bekerja, mampu memberikan kontribusi yang optimal untuk kemajuan perusahaan.

Pengalaman dari penulis ketika bekerja di sebuah perusahaan inspeksi di Surabaya. Kala itu, bos memberikan nasihat kepada penulis. Bahwa, apabila penulis menginginkan kenaikan gaji 3 kali dalam setahun, maka produktivitas harus 5 kali dari karyawan lain. Hal itu penulis jadikan motivasi ketika sedang membuat persiapan akreditasi perusahaan inspeksi oleh badan sertifikasi untuk standard OHSAS 18001. Penulis melakukan semua yang diminta oleh standard, penyediaan dokumen, prosedur, formulir dan hal-hal yang menjadi persyaratan di ISO 18001. Setelah sertifikasi selesai dan mendapat hasil lulus, penulis mendapatkan kenaikan gaji untuk kedua kalinya. Sehingga, formula 135 sudah penulis buktikan.

Perlu digarisbawahi, karier melejit dapat dilakukan oleh siapapun yang menginginkan nilai tambah dalam dirinya. Apresiasi akan usaha yang lebih tidak semata berupa gaji tinggi, namun merupakan pengalaman berharga sebagai manifest yang dapat ditularkan kepada generasi kita berikutnya. Apabila kita mampu memberi contoh yang baik, idealnya generasi penerus kita dapat memperoleh hasil yang lebih tinggi dan baik.

 

Selamat Berjuang.

Abd. Nur Ichsan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *