PWHT

Dalam dunia industri dikenal istilah Postweld Heat Treatment (PWHT), yaitu sebuah pengkondisian panas pada material yang akan dilakukan pengelasan. Tujuan dari proses ini adalah untuk menghilangkan tegangan sisa akibat dari pengelasan. Dalam beberapa contoh lapangan yang menggunakan carbon steel akan mengalami perubahan struktur dan grain akibat pemanasan dan pendinginan. Struktur pada material yang mengalami perubahan akan menyebabkan tidak homogen sehingga menyimpan tegangan sisa yang nantinya bisa membuat material tersebut bersifat keras namun tidak tangguh bahkan rapuh.

Pengaplikasian PWHT berkaitan erat dengan proses Pre-Heating yang keduanya bertujuan untuk menjaga kondisi panas material ketika akan dilakukan pengelasan ataupun sesudahnya. Ketika pengelasan melibatkan dua metode tersebut, penting dipahami oleh pihak yang terkait terutama oleh Welding Inspector apakah material yang akan digunakan dalam pengelasan, cara pengelasan, dan akibat pengelasan telah mengacu pada standard yang berlaku.

Ada beberapa jenis PWHT yang bisa digunakan:

  • PWHT untuk pelepasan tegangan sisa (stress relief). Stress relief setelah pengelasan bisa digunakan untuk mengurangi resiko patah getas, menghindari distorsi saat machining, dan mengurangi resiko cracking.
  • PWHT untuk beberapa material berupa alloy steel, tempering diperlukan untuk mendapatkan struktur metalurgi yang cocok. Treatment ini dikerjakan setelah proses pengelasan selesai dan mengarah ke proses pendinginan.
  • PWHT nomalizing untuk material baja. Struktur las-lasan yang kasar pada baja akibat dari electro-slag atau terak selama pengelasan. Treatment ini akan memperbaiki struktur yang kasar mengurangi tegangan sisa, dan mengurangi pengerasan pada daerah tertentu atau hard zone.
  •  PWHT hardening untuk material aluminium alloy. Treantment ini bertujuan untuk mengembalikan sifat fisis asli dari material.

Dalam upaya memenuhi kriteria weld yang sesuai dengan standard yang berlaku, kami menyediakan beberapa layanan, diantaranya:

  1. Local PWHT;
  2. Pre-heating;
  3. Internal Firing/ Gas Firing;
  4. Fixed Furnace;
  5. Welding Inspection; dan
  6. NDT Inspection.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *