5 Tipe Individu di Perusahaan

Di dalam sebuah perusahan baik kecil, menengah, atau sudah besar, bisa ditemukan dinamika masalah yang dihadapi. Masalah-masalah yang timbul bisa berasal dari internal perusahaan dan eksternal perusahaan. Setiap masalah jika dievaluasi dan dikaji secara seksama, dapat dicarikan jalan keluarnya. Masalah yang biasanya sangat mempengaruhi sebuah perusahaan adalah sumber daya manusia atau para pekerja.

Perbedaan karakter, keilmuan, pengalaman, komitmen kerja, budaya kerja, terkadang yang menyebabkan banyaknya perselisihan. Sebenarnya jika banyak karyawan atau pekerja, jika aturan perusahaan sudah jelas maka perbedaan-perbedaan tersebut dapat disatukan dalam sebuah persamaan visi misi perusahaan. Perlu usaha dan waktu yang ekstra agar penyamaan visi misi di setiap lini perusahaan dapat diraih.

Pada kesempatan ini saya akan mengulas tentang 5 tipe inividu di perusahaan yang mempengaruhi proses pencapaian visi perusahaan. Sumber tulisan ini adalah sebuah video yang saya peroleh dari rekan kerja yang di share di jejaring sosial.

#1 Pekerja Kinerja Tinggi

Tipe pekerja ini mengetahui secara mendalam tugas dan wewenang yang diberikan oleh perusahaan. Ia paham betul apa yang harus dikerjakan. Tidak membutuhkan sebuah instruksi, dirinya sudah bertindak sesuai dengan prosedur kerja yang sudah diterima. Ia mengetahui bahwa dengan ia melaksanakan kewajiban maka hak yang diterima sangatlah layak. Ia dapat menyeimbangkan mana kepentingan pribadi dan mana kepentingan perusahaan.

Dengan semangat dan komitmen yang tinggi untuk meraih visi dan target perusahaan, ia selalu menjadikan setiap pekerjaan yang diberikan kepadanya adalah jalan untuk meraih kesuksesan secara individu. Andaikata perusahaan dapat memberikan apresiasi kepada pekerja dengan tipe ini, maka rasa memiliki atau loyalitas dari pekerja ini akan semakin bertambah.

#2 Pekerja Potensial

Pekerja dengan tipe ini adalah pekerja yang sangat memiliki potensi untuk maju dan memberikan konstribusi yang lebih kepada perusahaan. Dia memiliki kemauan besar untuk bekerja, mempelajari sesuatu dan daya kreatifitas tinggi. Dengan bimbingan dan pelatihan yang benar, ia akan menjadi Pekerja dengan kinerja tinggi.

#3 Pekerja Kurang Efektif

Pekerja tipe ini hanya bekerja sesuai dengan apa yang diperintah dan bahkan pekerjaannya hanya sebatas rutinitas saja. Terkadang dia bersedia membantu tetapi lebih sering acuh dengan apa yang terjadi. Namun, kontribusinya tidak membuat banyak perbedaan pada hasil keseluruhan.

#4 Trouble Maker

Pekerja dengan tipe ini adalah Sumber Potensi Masalah. Perannya untuk memajukan perusahaan tidak begitu banyak justru ia adalah pembuat kesalahan. Pengaruhnya membuat pekerjaan lebih sulit dan kurang dapat diprediksi oleh orang lain. Namun, pekerja tipe ini kadang adalah anggota keluarga dari pemilik perusahaan.

#5 Supresif

Pekerja dengan tipe ini secara aktif berusaha untuk menghancurkan operasi tetapi sering berusaha menyembunyikan perbuatannya dengan menyalahkan orang lain. Ia sangat lihai dalam mengelak. Pekerja dengan tipe ini jika tidak terdeteksi, merupakan ancaman yang sangat berbahaya bagi perusahaan karena dapat menghambat laju operasional.

Merupakan tugas berat bagi perusahaan terutama yang bertugas di bagian sumber daya manusia, yaitu dapat menganalisa karyawan dan mengevaluasi mana saja yang perlu diperbaiki. Sehingga pada akhirnya visi dan target perusahaan dapat dicapai secara bersama-sama dapat bergotong royong dan bersinergi.

Salam,

Abd. Nur Ichsan

2 thoughts on “5 Tipe Individu di Perusahaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *