Catalytic Converter

Catalytic converter adalah perangkat kontrol emisi yang mengubah gas beracun dan polutan dalam gas buang menjadi polutan kurang beracun dengan cara mengkatalisis reaksi redoks (oksidasi dan reaksi reduksi). Tipe catalytic converter yang akan dipasang adalah Three way catalytic converter (TWC).

Untuk mengurangi gas polutan, catalytic converter menggunakan beberapa bahan baku. Berdasarkan bahan baku yang dipakai, catalytic converter bisa dibagi menjadi dua model, yaitu oxidation catalyst (OC) dan three way catalyst (TWC). Jenis OC menggunakan material platinum dan paladium, yang dapat mengurangi CO dan HC. Sedangkan TWC mengandung platinum dan rhodium yang mampu mengurangi CO, HC, dan NOx. Catalytic converter ditempatkan di belakang exhaust manifold atau diantara muffler dengan header. Alasannya, catalytic converter cepat panas ketika mesin dinyalakan. Selain itu, sensor bisa segera bekerja untuk menginformasikan kebutuhan campuran bahan bakar udara yang tepat ke Air/Fuel Ratio Control (AFR). Peranti catalytic converter baru bekerja efektif ketika kondisinya panas.

Khusus untuk jenis TWC, prosedur kerjanya dibagi menjadi tiga bagian. Tahap pertama disebut dengan reduction catalyst. Molekul NOx disaring dan direaksikan menjadi atom nitrogen dan oksigen. Atom nitrogen yang terperangkap dalam katalis tersebut diikat dengan atom nitrogen lainnya, sehingga berubah menjadi N2. Sementara oksigen yang ada diubah menjadi O2. Persamaan reaksi dapat ditulis sebagai berikut:

2NOx → xO2 + N2

Proses kerja kedua disebut oxidization catalyst. Tujuannya mengurangi kadar hidrokarbon juga mengubah CO menjadi gas CO2 yang tidak berbahaya. Persamaan reaksi dapat ditulis sebagai berikut:

2CO + O2 → 2CO2

Adapun mekanisme kerja ketiga adalah pengendalian yang memonitor arus gas buang. “Informasi” yang diperoleh dipakai untuk mengatur campuran bahan bakar dengan udara agar selalu berada dalam komposisi yang ideal.

Pemilihan jenis catalytic converter dipengaruhi oleh spesifikasi dari peralatan existing, baik dari jenis mesin, bahan bakar yang digunakan, mekanisme kerja, dan regulasi yang berlaku. Tujuan pemasangan unit ini adalah dapat menurunkan emisi gas buang yang ramah lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *