Sertifikasi Profesi-1

Dunia kerja dewasa ini telah pesat perkembangannya, mulai dari jasa transportasi, collecting data, IT, pertambangan yang berbinar kembali, industri otomotif, manufacture, minyak, steel fabrication, pengolahan air minum, susu fermentasi, dan lain sebagainya.

Seiring dengan perkembangan dunia kerja, setiap insan profesi perlu membekali diri dengan keahlian dan kompetensi. Kompetensi diri selain dapat diperoleh di bangku pendidikan formal, juga dapat diperoleh dengan mengikuti berbagai pelatihan yang diselenggarakan oleh lembaga pelatihan resmi, dan tentunya pengalaman kerja yang memadai. Kompetensi yang dimiliki ditunjukkan dengan bukti berupa sertifikat profesi.

Di Indonesia, lembaga independen yang dapat mengeluarkan sertifikat profesi yaitu Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

BNSP, adalah lembaga independen yang dibentuk pemerintah untuk melaksanakan tugas sertifikasi profesi berdasarkan ketentuan Pasal 18 ayat (5) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Funsi dari proses sertifikasi yang dilakukan oleh BNSP adalah untuk menjamin mutu kompetensi dan insan profesi diakui di dunia kerja. Dengan adanya sertifikasi ini akan memudahkan calon pekerja dan perusahaan yang sedang mencari tenaga kerja. Kemudahan yang diperoleh adalah efisiensi waktu proses rekrutmen dan proses adaptasi dengan pekerjaan. Sertifikasi profesi juga memberikan nilai tambah bagi insan profesi, selain skill yang mumpuni juga memiliki kompetensi yang sudah diakui oleh pemerintah.

Beragam jenis sertifikasi profesi juga telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai regulator untuk semua sektor industri di Indonesia. Sebagai contoh: sertifikasi operator crane, pengambil contoh limbah, sertifikasi ahli K3, sertifikasi migas, sertifikasi pertambangan, dan sertifikasi lain. Dengan beragamnya jenis sertifikasi, banyak tersedia juga lembaga yang memberikan program pelatihan per sektor industrial yang akan diambil.

Semakin banyak insan profesi yang memiliki kompetensi dan sertifikasi, tentunya akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia. Dengan, banyak tersedia SDM yang berkompeten akan memudahkan untuk menggapai visi Indonesia yang Maju, Berdaulat, dan Bermartabat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *