Banyuwangi – Geopark Nasional

Paradise Journey 

Banyuwangi, Sebuah kabupaten yang terletak di Jawa Timur dengan letaknya yang berada di ujung timur Pulau Jawa. Ibukota dari kabupaten ini bernama Kota Banyuwangi. Julukan untuk kabupaten ini adalah Kota Gandrung yang bermakna kabupaten yang memiliki banyak pesona, budaya, serta keindahan alamnya sehingga sangat dicinta, dirindukan oleh setiap warganya. 

Kabupaten Banyuwangi memiliki semboyan Satya Bhakti Praja Mukti yaitu seluruh jajaran pemerintahan setia pada bhakti untuk masyarakat adil dan makmur. Tanggal terbentuknya kabupaten ini pada tanggal 18 Desember 1771 dengan awal mulanya bernama Blambangan. Atas dasar itulah lagu kabupaten Banyuwangi adalah umbul-umbul Blambangan.

Banyuwangi memiliki keragaman alam yang sangat elok dan sudah banyak dijadikan sebagai destinasi wisata lokal. Diantaranya, Taman Wisata Alam Gunung Ijen dan Taman Nasional Alas Purwo. Kedua taman tersebut sudah ditetapkan sebagai Cagar Biosfer dunia oleh UNESCO, dengan pertimbangan bahwa Banyuwangi memiliki tiga ciri geologi yaitu geodiversity (keragaman bumi), biodiversity (keragaman hayati) dan cultural diversity. Keragaman destinasi alam yang cukup banyak itulah, maka Banyuwangi disiapkan menjadi geopark nasional.

Konsep geopark mengacu pada pengembangan kawasan yang memberikan pengaruh terhadap konservasi, edukasi, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Geopark tidak hanya menjaga kelestarian alam, namun juga meningkatkan taraf hidup masyarakat. Pemeliharaan alam yang bertujuan untuk menjaga kelestarian dan ancaman kerusakan, secara tidak langsung akan memunculkan lingkungan yang begitu menawan untuk dijadikan sebagai tempat berlibur sekaligus belajar mengenali lingkungan.

Banyuwangi yang telah bersiap diri menjadi geopark nasional, akan menambah jumlah geopark di Indonesia yang sebelumnya sudah ada Geopark Gunung Batur (Bali) dan Geopark Gunungsewu (Daerah Istimewa Yogyakarta). 

Suguhan wisata di Kabupaten Banyuwangi sangat variatif, mulai dari menjelajah suasana Afrika di Baluran National Park, tracking kawah Ijen, berenang di air terjun Jagir/kembar, hingga menikmati kuliner di Kampung Japuro. Apabila ingin berlibur bersama keluarga menikmati keindahan alam pegunungan dan laut, Banyuwangi merupakan opsi yang sangat bisa diandalkan. 

Salam, 
Nur Ichsan

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *