ISO/PAS 45005:2020(en)

Standard baru telah terbit.

Beraktivitas secara aman dan selamat selama pandemi Covid-19 merupakan sebuah kebutuhan bagi setiap orang. Tantangan baru juga muncul agar bagaimana tetap beraktivitas atau bekerja tetapi tetap dalam kondisi waspada terhadap Covid-19. Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan Protokol Kesehatan yaitu: menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, dan memakai masker. Berbagai upaya juga telah dilakukan berbagai pihak untuk menekan jumlah orang yang terkena Covid-19.

Tim Ahli ISO di bidang K3 juga turut bekerja keras untuk menerbitkan sebuah standard manajemen. Biasanya Tim ISO memerlukan waktu 3 tahun untuk berdiskusi, bertukar pikiran, dan akhirnya menerbitkan standard sistem manajemen. Namun ditengah pandemi Covid-19 sekarang ini, Tim ISO yang tergabung dalam Komite Teknik ISO/TC 283 dengan waktu 3 bulan hingga Desember 2020 menerbitkan ISO/PAS 45005 tentang sistem manajemen K3 ditengah pandemi Covid-19. Sebuah standard yang memberikan petunjuk dalam penanganan atau me-manage karyawan dan pihak berkepentingan selama pandemi serta pemenuhan terhadap regulasi yang berlaku tentang pandemi.

Sebuah pencapaian yang luar biasa dan kerja keras yang patut diacungi jempol. Terdapat 14 Klausul dalam standard baru ini dengan sedikit perbedaan dengan high level structure pada standard lainnya. Pada klausul 3.5 terdapat keterangan soal pandemi. Kemudian di klausul 3.8 berkaitan dengan alat pelindung diri. Hal yang cukup menarik terletak pada klausul 5 yaitu tentang korban positif Covid-19.

Tenaga ahli yang berasal dari 26 negara untuk menerbitkan petunjuk kerja atau acuan dalam format publicly available specification (PAS), serta telah disetujui 80 anggota komite ISO. Untuk lebih rinci mengenai standard ISO/PAS 45005:2020 ini silahkan kunjungi link berikut.

Great work!

Salam,

Gaithym

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *