Kesuksesan Hakiki

Makna Sukses

Saya yakin semua orang bisa mengartikan sukses menurut kapasitas masing-masing, sukses dalam karir, sukses dalam pekerjaan, sukses dalam berkeluarga, dan terlebih sukses dalam kehidupan. Namun, lebih mendalam sukses itu sebuah keberhasilan dalam pencapaian akan tujuan atau visi, impian, harapan, dan semua yang melahirkan makna kebahagiaan. Tentunya sukses dalam hidup di dunia ini dan sukses di kehidupan berikutnya.

Bagi seorang mukmin tentunya meyakini akan adanya kehidupan setelah kehidupan dunia ini. Sukses dalam arti sesungguhnya adalah mendapatkan keridhoan dari Allah SWT Tuhan Semesta Alam.

Sukses dalam berkarir atau bekerja tidak ada salahnya namun itu bukanlah tujuan utama dalam hidup, yang pas menurut saya adalah sukses dalam dunia ini entah apapun bentuknya harus dijadikan jalan untuk senantiasa mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Imbasnya adalah semakin khusu’ dalam beribadah dan semakin mantap, semakin semangat, penuh optimistis dalam menjalani hidup.

Semua perbuatan yang dilakukan tentu ada balasan, baik atau buruk, dan jika diingat ada konsep pemikiran akan surga dan neraka. Sebuah terminal akhir yang telah disediakan sebagai balasan akan amalan manusia di dunia ini. Dan akan ada timbangan yang mengukur bobot amalan yang menentukan terminal mana yang akan disinggahi, surga atau neraka.

Prasangka Baik kepada Tuhan

Menyikapi hal tersebut, kewajiban manusia sebagai makhluk yang tek lepas dari lupa dan salah tak lain dan tak bukan adalah tak jemu-jemu memohon ampunan kepada Allah SWT.
Kita semua telah dipilih dan dikaruniai nikmat oleh Allah SWT, berupa hidup. Selain itu, kita juga telah difasilitasi dengan waktu untuk memanjatkan do’a, memohon ampunan akan dosa-dosa, yaitu antara Shubuh dengan Shubuh berikutnya, antara Jum’at dengan Jum’at berikutnya, antara Ramadhan dengan Ramadhan berikutnya hingga masa kehidupan berakhir. Seberapapun besar dosa yang telah kita perbuat, jauh lebih besar ampunan Allah SWT apabila kita memohon ampunan. Sehingga, optimisme dalam hidup lantaran dosa telah diampuni oleh Allah SWT akan semakin kuat.

Dengan sikap optimis untuk menjalani hidup sebaik mungkin dan terus menerus mendirikan ibadah bukan mustahil Kesuksesan akan diraih baik di dunia terlebih di akherat kelak. Tetaplah khusnudhon (berbaik sangka) kepada Allah SWT akan hidup ini, bahwa Allah SWT akan melimpahkan kesuksesan bagi kita yang terus mengharapkan ridho-Nya.

Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *