On Duty

On Duty, Kata-kata yang pertama kali aku lihat dari ‘PM BB’ temenku yang bekerja sebagai Flight Attendant di salah satu maskapai penerbangan komersil di Indonesia. Kata itu disandingkan dengan lambang pesawat. Awalnya aku mengira ‘on duty’ itu sedang dalam pesawat atau sedang terbang, ternyata yang benar adalah saat ia nyantumin ‘on duty’ berarti ia siap untuk dipanggil kapan pun untuk terbang dengan komitmen seberapapun capeknya badan, tetap berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayanan kepada para penumpang pesawat.

Menyapa dengan senyum manis, mempersilahkan duduk, membantu penumpang yang sedang kerepotan dengan barang bawaan, menjelaskan safety act di pesawat, dan tetap menjaga senyum walau ada penumpang yang sedang geram dengan suatu hal.

On duty, dalam bahasa kerja pada umumnya adalah bekerja sesuai aturan dan prosedur kerja yang ada, memberikan servis yang prima, mampu meminimalisir kesalahan, tingkat pekerjaan yang cepat dengan hasil yang memuaskan, dan semua hal dilakukan dengan jalan yang baik hasilnya pun juga baik.

Sebuah usaha itu akan jauh lebih penting daripada hanya memandang dari hasil yang didapat. Yach walau terkadang hasil dengan proses yang ditempuh belum tentu sama namun, kita hanya bisa untuk tetap berusaha sesuai kemampuan. Untuk hasil dari usaha janganlah terlalu dipikirkan, cukuplah mempercayai bahwa proses usaha yang baik tidak akan memberikan hasil yang mengecewakan. Andaikan hasilnya mengecewakan, sejatinya itu membuka jalan untuk meraih hasil yang jauh lebih baik dari hasil kegagalan.

Tetaplah ‘on duty’ kawan dalam segala hal.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *