Ultrasonic Test

Ultrasonic Test (UT) adalah salah satu metode uji Non Destuctive Test (NDT) yang prinsip kerjanya adalah mengalirkan gelombang frekuensi tinggi ke dalam material uji dengan kisaran frekuensi hingga 10 MHz. Pengujian material menggunakan metode ini dapat memberikan informasi dimensi cacat, lokasi cacat, dan kedalaman cacat di dalam material uji.

Frekuensi yang dialirkan ke dalam materi akan dibaca oleh alat UT yang memvisualisasikan perambatan gelombang yang melewati material uji dan akan dipantulkan apabila mengenai dari sisi lain material atau cacat yang terjadi pada material. Frekuensi yang dipantulkan akan terbaca oleh alat UT berupa grafik yang bisa naik turun bergantung dari letak atau sisi material dari dalam. Frekuensi gelombang yang tegak lurus dengan arah datang gelombang maka akan memunculkan grafik tinggi dan akan dipantulkan kembali ke arah sumber gelombang. Dimensi cacat yang ada di dalam material dapat diperkirakan dengan mengukur waktu datang gelombang hingga gelombang dipantulkan kembali ke sumber gelombang.

Faktor pendukung keberhasilan pengujian UT diantaranya peralatan yang handal dan personil yang kompeten. Peralatan UT meliputi: unit flaw detector UT, probe, kuplan, dan blok kalibrasi. Peralatan tersebut harus dipastikan terlebih dahulu kehandalannya baik dengan kalibrasi yang masih berlaku ataupun kehandalan teknis yang mumpuni dari peralatan tersebut. Faktor pendukug keberhasilan pengujian UT lainnya adalah personil yang melakukan pengujian UT juga haruslah orang yang memiliki kualifikasi yang sesuai di bidang NDT.

Keunggulan dari pengujian UT adalah dapat mengetahui kedalaman cacat, dimensi cacat, dan lokasi cacat secara baik. Namun, pengujian UT sebetulnya saling melengkapi dengan metode uji NDT yang lainnya. Selain itu, permintaan dari pelanggan juga salah satu alasan metode uji mana yang akan dipilih. Ada yang cukup dengan UT saja, dan ada yang perlu ditambahkan dengan uji radiography. Metode pengujian NDT selain UT, yaitu radiography test, dye penetrant test, dan magnetic particle test.

Salam,

A. Nur Ichsan

Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *