Jalan-jalan

Dolano sek adoh, men awakmu isoh sinau piye carane srawung

Jalan-jalan, dalam kondisi normal siapa yang tidak menyukai aktivitas satu ini? Tentunya jalan-jalan ke tempat yang memberikan suasana menyenangkan dan memberikan efek mengurangi penat rutinitas harian. Jalan-jalan bisa dilakukan oleh siapa saja dan kemana saja dengan kemampuan serta kebutuhan masing-masing. Selain menimbulkan rasa senang karena dapat mengenal atau menikmati suatu tempat, jalan-jalan bisa juga dijadikan media untuk mempelajari budaya kearifan lokal orang-orang setempat, memahami kehidupan di luar lingkungan sendiri, dan menambah interaksi sosial.

Persiapan yang diperlukan untuk memulai sebuah perjalanan bisa meliputi: bekal, kondisi fisik, pendanaan, akomodasi transportasi selama perjalanan, kontak orang lokal dan lain sebagainya. Kesiapan yang lain juga diperlukan andaikata tujuan dari jalan-jalan berada di luar daerah yang memiliki perbedaan budaya dan bahasa, tentunya untuk membantu kelancaran dalam berkomunikasi perlu dipelajari bahasa dan budaya tempat tujuan terlebih dahulu. Dengan begitu, kita sudah menambah wawasan dan keilmuan sosial kita.

Seiring dengan perkembangan zaman, banyak sekali destinasi wisata yang bermunculan yang masing-masing tempat memiliki ciri khas tersendiri. Dengan banyaknya keragaman akan memberikan peluang untuk kita semakin banyak belajar tentang budaya, bahasa, dan wawasan sosial. Selamat berpetualang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *