ISO 37301:2021 Published

ISO 37301:2021(en) Compliance management systems — Requirements with guidance for use

Sebuah kejutan bahwa ISO dalam jarak waktu berdekatan telah bekerja keras dalam menyempurnakan pedoman sistem manajemen, ISO 45005 di publish pada tahun 2020, dan tahun 2021 ini telah di publish kembali sebuah Sistem Manajemen Kepatuhan ISO 37301. Standard ini merupakan revisi dan penyempurnaan dari ISO 19600 yang sudah dirilis pada tahun 2014 lalu.

ISO 19600: 2014 memberikan panduan untuk menetapkan, mengembangkan, menerapkan, mengevaluasi, memelihara, dan meningkatkan sistem manajemen kepatuhan yang efektif dan responsif dalam suatu organisasi.

Panduan tentang sistem manajemen kepatuhan berlaku untuk semua jenis organisasi. Tingkat penerapan pedoman ini bergantung pada ukuran, struktur, sifat, dan kompleksitas organisasi. ISO 19600: 2014 didasarkan pada prinsip tata kelola yang baik, proporsionalitas, transparansi, dan keberlanjutan.


Apa kegunaan ISO 37301:2021?

Perkembangan dunia bisnis sangat erat kaitannya dengan suhu perpolitikan, kebijakan dan regulasi dari pemerintah, serta persyaratan dari berbagai pihak berkepentingan. Regulasi ataupun aturan bersifat dinamis, sehingga ada kemungkinan di masa mendatang akan mengalami perbaikan dan perubahan.

Organisasi atau perusahaan, tentunya dalam mendukung operasional harus memperhatikan adanya regulasi yang berlaku agar tidak menghambat semua aktivitas. Diperlukan sebuah piranti agar organisasi mampu selalu up date dengan regulasi terbaru. ISO 37301 memberikan pedoman dalam penggunaan, menyediakan semua yang perlu diketahui organisasi untuk mengembangkan, menerapkan, memelihara, dan meningkatkan sistem manajemen kepatuhan yang efektif.

Selama ini banyak praktek yang menunjukkan bahwa kepatuhan hanyalah sekedar menghindari denda ataupun sanksi yang dapat memberatkan organisasi atau perusahaan. Dengan menerapkan ISO 37301, diharapkan seluruh komponen organisasi dari jabatan tertinggi hingga yang paling bawah, mampu beraktivitas dengan senantiasa taat terhadap regulasi atau aturan yang berlaku.

Budaya kerja tersebut harus terus dipupuk melalui aspek kepemimpinan yang aktif. ISO 37301 merekomendasikan keterlibatan manajemen senior dan mendukung kepatuhan sebagai prinsip tata kelola yang baik. Ini juga merekomendasikan integrasi manajemen kepatuhan tepat di seluruh organisasi, untuk dimasukkan ke dalam proses manajemen keuangan, risiko, kualitas, lingkungan dan kesehatan dan keselamatan serta persyaratan dan prosedur operasionalnya.

Manfaat penerapan ISO 37301 diharapkan tidak hanya mencakup pengurangan risiko denda karena ketidakpatuhan, tetapi juga meningkatkan reputasi dan kredibilitas, memberikan kepercayaan yang lebih besar kepada klien dan pemangku kepentingan lainnya serta meningkatkan peluang bisnis.


Mudah Diintegrasikan

ISO 37301 memiliki stuktur yang sudah diseragamkan dengan semua standard sistem manajemen yang dirilis pada tahun 2015 dan tahun-tahun selanjutnya. Stuktur ini disebut dengan High-level Structure, sebuah struktur yang disusun dengan sedemikian rupa agar mudah dalam menggabungkan atau menambah literasi atau acuan sistem manajemen lainnya.

Apabila organisasi sudah memiliki sistem manajemen berbasis ISO 9001, ISO 14001, ISO 45001, ISO 37001, ataupun ISO 31000, maka standard ini akan mudah untuk diintegrasikan. Sehingga, komitmen bersama untuk memenuhi regulasi yang belaku akan menghantarkan adanya sinergitas seluruh komponen organisasi dalam meraih tujuan organisasi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *